Angkat Kebudayaan Lokal, Dindikbud Cilegon Siap Gelar Kirab dan Festival Budaya

Angkat Kebudayaan Lokal, Dindikbud Cilegon Siap Gelar Kirab dan Festival Budaya

CILEGON, Poskotanews.co.id – untuk mengangkat kebudayaan lokal, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kota Cilegon pertama kalinya akan menggelar Kirab dan Festival Budaya pada 11 November 2023 mendatang.

Kepala Dindikbud Kota Cilegon Heni Anita Susila mengatakan, Kirab dan Festival Budaya akan diikuti perwakilan delapan Kecamatan se-Kota Cilegon, mengundang tujuh kota/kabupaten se-Provinsi Banten, serta dari Jogjakarta.

Kirab Budaya atau biasa disebut dengan pawai budaya akan menampilkan kesenian dan kebudayaan tradisional yang merupakan ciri khas daerah masing-masing. Adapun rute yang akan dilalui mulai dari wilayah Bonakarta hingga Rumah Dinas Wali Kota,” kata Heni, sebagaimana dirilis Diskominfo Kota Cilegon, Rabu 8 November 2023.

Pada gelaran Festival Budaya, Heni menuturkan bahwa akan ditampilkan lomba kesenian tradisional dan lomba tari. Pesertanya dari sanggar yang berdomisili di delapan kecamatan se-Kota Cilegon, serta delapan kabupaten/kota se-Provinsi Banten.

Alhamdulillah tujuh kota/kabupaten Provinsi Banten sudah menyatakan akan ikut serta, sudah mendaftarkan. Edarannya di google form sudah terisi,” tuturnya.

Untuk memeriahkan acara, Heni menyatakan telah meminta dukungan kepada Dinas Pemuda dan Pariwisata (Disporapar) agar mengirimkan talent-talent berbakatnya. Seperti, talent dari Cilegon Ethnic Carnival (CEC), drum band, serta pasukan pengibar bendera.

Dikatakan, acara ini dipastikan akan meriah karena akan diikuti oleh masyarakat Kota Cilegon. Apalagi dengan mengundang peserta dari kab/kota se-Provinsi Banten yang diharapkan bisa menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD) dengan adanya kenaikan jumlah tamu hotel yang menginap.

Ini event besar setelah covid, kami mengajak kepada warga masyarakat Cilegon pada tanggal 11 November menyaksikan acara yang digelar oleh Dindikbud Kota Cilegon yaitu kirab budaya, pawai budaya yang akan menampilkan berbagai macam kesenian tradisional,” ajaknya.

Diketahui, susunan acara pada Kirab dan Festival Budaya akan dimulai pada pukul 07.30-12.00 WIB yakni Pawai Budaya, lalu dilanjutkan penampilan lomba tari tingkat Kota Cilegon pada pukul 13.00-17.30 WIB dan Festival Budaya yang juga akan menampilkan Ubrug Cilegon, Bazar UMKM, hiburan dan doorprize pada pukul 19.30-23.00 WIB.

Ali Hermawan

Share artikel ini

Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares