Bupati Taput Melaksanakan Peletakan Batu Pertama Unit Sekolah Baru SMA Negeri 2 Pangaribuan

Bupati Taput Melaksanakan Peletakan Batu Pertama Unit Sekolah Baru SMA Negeri 2 Pangaribuan

PANGARIBUAN SUMUT, Poskotanews.co.id- Bupati Tapanuli Utara Dr. Drs. Nikson Nababan, M.Si bersama Kadis pendidikan Provinsi Sumatera Utara yang diwakili Kepala cabang dinas pendidikan wilayah IX Provinsi Sumatera Utara Drs. Alfred Hasiholan Silalahi, M.Si, dan pimpinan OPD Taput terkait melaksanakan peletakan batu pertama unit baru SMA Negeri 2 Pangaribuan di SMAN 2 Pangaribuan Desa Rahutbosi Onan, rabu (02/08/2023).

Dalam arahan dan bimbingannya Bupati Nikson Nababan menyampaikan sambutannya
saya ucapkan terima kasih kepada Bapak Gubernur Sumatera Utara dan Bapak Kadis Pendidikan dan Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah IX Provsu atas usulan pendirian SMA Negeri Pangaribuan ini ditanggapi dengan baik, saya juga mengucapkan terima kasih kepada fraksi PDI Perjuangan dalam hal ini Bapak Anggota DPRD Provsu Dapil 9 Sumut Bapak Drs. Tuani Lumbantobing dan ketua DPRD Provsu Bapak Drs. Baskami Ginting. Harapan kita SMA ini berdampak terhadap kemajuan SDM dan ekonomi. Saya juga sudah diberikan kabar baik oleh bapak Kadiscab Alfred Silalahi bahwa SMA Negeri 2 Pangaribuan ini bisa diprogramkan menjadi SMA Unggulan,” ujar Bupati mengawali.

Sekali lagi saya ucapkan kepada semua pihak yang sudah memberikan sumbangsihnya atas pendirian sekolah ini, dengan adanya sekolah ini masyarakat Pangaribuan tidak perlu lagi menyekolahkan putra putrinya keluar dari Kecamatan ini hingga dapat mengurangi pengeluaran beban sekolah putra-putri mereka dan dapat menabung penghasilan mereka. Putra-putri mereka pun bisa produktif membantu pekerjaan orang tua. Pertemuan kita hari ini adalah sejarah untuk kita semua khususnya Pangaribuan. Kita harus menciptakan generasi emas yang luar biasa dari Tapanuli Utara,” tutup Bupati.

Dikesempatan sebelumnya Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah IX Provinsi Sumatera Utara Drs. Alfred Hasiholan Silalahi, M.Si, memberikan sambutannya.
Pemerintah Provinsi Sumatera Utara pada T.A. 2023 telah mengalokasikan anggaran untuk pembangunan 1 unit SMA Negeri di Kecamatan Pangaribuan, yang kita namai sebagai SMA Negeri 2 Pangaribuan. Hal ini terwujud, disamping dukungan penuh dari masyarakat, juga merupakan kerja keras dari Bapak Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan memiliki peranan yang luar biasa dalam mewujudkan pembangunan USB SMA Negeri 2 Pangaribuan ini, melalui upaya pembebasan lahan dan perataan lahan, sehingga Visi Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara sebagai lumbung sumber daya manusia yang berkualitas dapat terwujud nyata,” tuturnya.

Untuk itu Pemerintah Provinsi Sumatera Utara menyampaikan terimakasih yang tidak terhingga kepada Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara, Bupati Taput Nikson Nababan, Ketua dan Anggota DPRD Kabupaten Tapanuli Utara, Bapak Drs.Tuani Lumbantobing selaku anggota DPRD Provinsi Sumatera Utara dan seluruh lapisan masyarakat yang mendukung pembangunan USB SMA ini. Selanjutnya secara khusus Pemerintah Provinsi Sumatera Utara menyampaikan selamat kepada Bapak Bupati Tapanuli Utara yang sudah meraih gelar S-3 Doktor pada hari-hari yang lampau di IPDN Cilandak, Jakarta. Kiranya kolaborasi dan kerja sama yang sungguh luar biasa antara Pemerintah Provinsi Sumatera Utara dengan Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara dan Legislatif tetap berjalan dengan lebih baik lagi” ungkapnya.

Pembangunan USB SMA Negeri 2 Pangaribuan ini telah dimulai pada tanggal 3 Juli 2023 yang lalu dan diperkirakan selesai pada tanggal 30 Oktober 2023. Sesuai dengan alokasi anggaran, bahwa gedung yang dibangun masih 3 ruang kelas, kamar mandi, kantor Kepala sekolah, TU , untuk selanjutnya pada tahun anggaran berikutnya dialokasikan untuk pembangunan Ruang Kelas Baru (RKB), perpustakaan dan laboratorium IPA.
Pada Tahun Pelajaran 2023/2024, USB SMA Negeri 2 Pangaribuan telah menerima peserta didik baru kelas X sebanyak 43 orang, dengan menumpang sementara pada SMP Negeri 4 Pangaribuan.

Turut hadir Camat Pangaribuan, Plt Kepala SMA Negeri 2 Pangaribuan Binsar Lubis, S.Pd, MM, Uspika Kecamatan Pangaribuan, Camat Pangaribuan, Para Kepala Desa Pangaribuan dan Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat Pangaribuan.

Golmen Lumbanraja

Share artikel ini

Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares