Bupati Taput Membuka Secara Resmi Pelaksanaan Verifikasi Usulan Calon Penerima BSPS Ta. 2023

Bupati Taput Membuka Secara Resmi Pelaksanaan Verifikasi Usulan Calon Penerima BSPS Ta. 2023

TAPUT SUMUT, Poskotanews.co.id- Bupati Tapanuli Utara Dr. Drs. Nikson Nababan, M.Si didampingi asisten bidang perekonomian dan pembangunan Marihot Simanjuntak, Kadis Perkim Budiman Gultom dan Inspektur Erikson Siagian membuka secara resmi pelaksanaan verifikasi usulan calon penerima Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS).

Turut hadir Ketua DPRD Kabupaten Tapanuli Utara Rudi Nababan, anggota DPRD Kabupaten Tapanuli Utara Fraksi PDI Perjuangan dan Kepala Balai Penyediaan Perumahan Sumatera Utara II Iswanto, ST, M.Si, beserta tim dan koordinator fasilitator lapangan Kabupaten, asisten koordinator Kabupaten dan tenaga fasilitator lapangan. Bertempat di Sopo Rakyat Rumah Dinas Bupati, selasa (27/06/2023).

Maksud diselenggarakannya pertemuan ini adalah untuk menyampaikan program BSPS tahun 2023, kepada kepala Desa/Kelurahan penerima program BSPS tahun 2023 serta perkenalan dengan para pendamping Desa (tenaga fasilitator lapangan). Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah agar pelaksanaan program bantuan BSPS 2023 sesuai dengan surat edaran direktur jenderal perumahan nomor 3/SE/DR/2021 tentang petunjuk teknis penyelenggaraan kegiatan Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya.

Adapun peserta kegiatan ini adalah Kepala Desa/Lurah dan Camat penerima program BSPS tahun 2023 sebanyak 120 Desa, dan tersebar di 14 Kecamatan, Kordinator Fasilitator Kabupaten Tapanuli Utara beserta tenaga fasilitator lapangan sebanyak 44 orang yang totalnya sebanya 1301 alokasi BSPS.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Nikson Nababan menyampaikan arahannya.
Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara mendapat program BSPS tahun 2023 melalui jalur aspirasi DPR-RI Bapak Sukur Nababan dari Partai PDI Perjungan sebanyak 1301 unit, yang tersebar di 14 Kecamatan untuk 120 Desa/Kelurahan di Kabupaten Tapanuli Utara. Kita patut mengucapkan terima kasih kepada Bapak Sukur Nababan selaku putra daerah Tapanuli Utara yang selalu mendukung kemajuan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Tapanuli Utara. Kita doakan Bapak syukur selalu sehat dan lancar pekerjaannya mengabdi untuk masyarakat,” ujar Bupati mengawali.

Diharapkan kepada Kepala Desa yang mendapat program BSPS agar lebih berperan aktif membantu menyelesaikan persoalan yang terdapat di Desa masing-masing, agar pelaksanaan BSPS tahun 2022 tidak melewati tahun anggaran,” tambah Bupati.

Kepada seluruh Kepala Desa/ lurah di Kabupaten Tapanuli Utara agar lebih aktif dalam pelaksanaan pendataan dan selalu melakukan updating database RTLH, sehingga data yang disajikan dalam aplikasi E-RTLH selalu terbaru dan dapat dipertanggung jawabkan. Pendataan yang dilaksanakan harus berdasarkan factor kelayakan dengan mempertimbangkan keswadayaan calon penerima bantuan,” tutup Bupati.

Dikesempatan sebelumnya Kepala Balai Penyediaan Perumahan Sumatera Utara II Iswanto menyampaikan sambutannya.
BSPS di Taput tahun ini mendapatkan 1301 unit, dalam kesempatan ini saya menyampaikan mohon kerjasamanya dimana ujung tombaknya adalah Tim Fasilitator Lapangan (TFL) mohon kerjasamanya dengan Pak Camat, Pak Lurah dan Pak Kepala Desa. Begitu juga kerjasama yang baik antara TFL dan Bapak Bupati serta Dinas Perkim Taput, dan perlu saya ingatkan kalau BSPS ini adalah aspirasi dari Bapak Sukur Nababan anggota DPR-RI dan tentu tidak lepas dari perjuangan Bapak Bupati kita Nikson Nababan yang kita banggakan. Dalam kesempatan ini saya juga mohon doanya Pak Bupati kalau tidak ada halangan Taput mendapat kesempatan dari Dirjen Perumahan untuk membangun Rusun Akper Pemkab Taput, saya mohon doa dan dukungannya agar program ini dapat berjalan lancar, dan ini juga merupakan perjuangan Bupati Nikson Nababan. Dan Kembali saya memohon kepada TFL bekerjalah sesuai dengan sepenuh hati,” ungkapnya.

Rangkaian acara dilanjutkan dengan presentasi tentang BSPS yang disampaikan oleh tim BSPS Sumatera Utara II Heri Lumbantobing yang kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab.

Golmen lumbanraja

Share artikel ini

Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares