Hati-Hati!! Pedagang Buah Anggur Dipinggir Jalan Mengandung Formalin

Hati-Hati!! Pedagang Buah Anggur Dipinggir Jalan Mengandung Formalin

HUMBAHAS SUMUT, Poskotanews.co.id– Maraknya penjual anggur eceran di pinggiran jalan, salah satunya di jalan lintas Siborongborong – Doloksanggul, tepatnya di Desa Siponjot Kecamatan Lintong Nihuta, membuat Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Kabupaten Humbang Hasundutan melakukan pengecekan di lapangan.

Hasil tes melalui alat sanitarian kit beberapa buah anggur yang dijual eceran itu ternyata positif mengandung zat berbahaya formalin,” ucap dr. Gunawan Parlindungan Sinaga yang juga Plt. Dinas Kesehatan dan P2KB Humbahas.

Petugas menemukan kandungan formalin dalam buah anggur yang di duga berasal dari Kota Medan. Meskipun mengandung pengawet formalin, namun tim gabungan tidak melakukan penyitaan.

Kami menghimbau di setiap Puskesmas di Humbahas supaya di lakukan pemantauan wilayah masing-masing untuk pemeriksaan buah anggur di pinggir jalan dan sudah koordinasi dengan Satpol PP bagian penertiban umum” ungkap dr. Gunawan pada Poskotanews.co.id, kamis (29/02/2024).

Lebih dalam lagi Gunawan menerangkan, bahwa pedagang buah anggur mempunyai tim dan berpindah-pindah tempat.
Jangankan di Kabupaten Humbahas, di Kabupaten Taput pun mereka ada juga jualan buah anggur dipinggir jalan, yang jelas masyarakat harus hati-hati karena anggur tersebut tidak baik di konsumsi” tutup Kadis.

Share artikel ini

Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares