Peduli Masyarakat Miskin, Jetro Sibarani Bersama Rekan Dirikan LBH Jetsiber

Peduli Masyarakat Miskin, Jetro Sibarani Bersama Rekan Dirikan LBH Jetsiber

PEKANBARU RIAU, Poskotanews.co.id- Karena rasa kepeduliannya terhadap masyarakat kurang mampu dalam bidang hukum, tepat dihari peringatan Sumpah Pemuda LBH Jetsiber Fiat Justitia Indonesia resmi di dirikan oleh Jetro Sibarani SH.,MH.,CHt bersama rekannya, di hotel Grand Elite, pada sabtu 28 Oktober 2023 lalu.

Jetro Sibarani SH.,MH.,CHt menjelaskan bahwa dengan berdirinya LBH Jetsiber ini, merupakan niat dirinya untuk memberikan bantuan
hukum secara cuma-cuma kepada korban ketidakadilan seperti masyarakat miskin, buta
hukum dan yang tertindas di seluruh Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi Riau.

Hati saya tersentak karena masih banyaknya kita lihat masyarakat yang tidak mampu dan masih buta hukum sehingga mereka sering tertindas dan terzolimi dalam proses hukum, jadi kita bentuk lah LBH ini agar kita bisa memberikan bantuan Hukum kepada mereka tanpa membedakan dengan dana subsidi silang,”ucap Jetro, minggu (29/10/23).

Dijelaskan Jetro, bahwa hal tersebut tertuang dalam Undang-Undang (UU) Nomor 16 Tahun 2011. UU ini mengatur bantuan hukum bagi masyarakat kurang mampu untuk menjamin hak konstitusi warga negara bagi keadilan dan kesetaraan di muka hukum. Bantuan hukum bertujuan memberikan perlindungan hukum dan pembelaan terhadap hak-hak konstitusi tersangka atau terdakwa sejak ia ditahan hingga putusan pengadilan diperoleh.

Sambung nya lagi, “LBH jetsiber yang terbentuk saat ini adalah Dewan Pimpinan Pusat (DPP) LBH Jetsiber, dan nantinya akan dibentuk di Provinsi lain dengan sebutan Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) dan di Kabupaten dengan sebutan Dewan Pimpinan Cabang (DPC),”jelasnya.

Ditempat yang sama, hal senada juga di sampaikan Sekretaris LBH Jetsiber Dirmawan Sirait SH yang didampingi Bendahara LBH Jetsiber Rinawati SH.,MH mengatakan LBH ini sangat berperan penting dalam masyarakat yang tersandung hukum yang tidak mampu dan membutuhkan bantuan hukum secara prodeo.

Masih ditempat yang sama, dewan pengawas Khairil Amal S.E, juga mengatakan mendukung dan mensuport atas terbentuknya LBH Jetsiber.

Kita sangat mendukung dan mensuport apapun untuk profesi yang mulia ini, dan jangan pernah takut membantu orang-orang yang miskin, karena pahala akan menanti,” pungkasnya.

Rio

Share artikel ini

Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares