Pengawasan Tahapan Pemilu, Panwascam Jatigede Prioritaskan Pelosok Sulit Jangkauan

Pengawasan Tahapan Pemilu, Panwascam Jatigede Prioritaskan Pelosok Sulit Jangkauan

SUMEDANG, Poskotanews.co.id – Konprensi Pers Panwaslu Kecamatan Jatigede digelar di Kantor Panwaslu Kecamatan Jatigede, jalan PLTA Parakankondang No. 09 – RT 09, RW 01, Desa Cijeungjing, Kecamatan Jatigede, Kabupaten Sumedang, senin (04/11/2023).

Konfrensi Pers disampaikan oleh Ketua Panwaslu Kecamatan Jatigede Carta yang didampingi oleh Kepala Sekretariat Dedi Sunarwan, Koordiv P2HM Elis Erika Agustina, S.IP., dan PP- PS Wawan RB, acara tersebut dihadiri sekitar 15 Insan Pers yang bertugas diwilayah Kabupaten Sumedang.

Dalam keterangan Persnya Ketua Panwaslu Carta memaparkan bahwa, “dalam pengawasan tahapan Pemilu, kawasan pelosok seperti Dusun Pamelangan, Desa Kadu, Dusun Leuwihieum, Desa Leubaksiuh, dan Dusun Legok, Dusun Talagadatar, Desa Cintajaya menjadi prioritas Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam),”papar Carta.

Wilayah pelosok Kecamatan Jatigede, di antaranya Desa Kadu, Lebaksiuh dan Cintajaya, wilayah tersebut secara geografis merupakan daerah tersulit dari jangkauan, sehingga pelosok tersebut harus mendapatkan perhatian khusus, terutama nanti dalam proses pendistribusian logistik Pemilu”, tambah Carta.

Lebih lanjut Carta mengatakan, “kami akan berusaha untuk melakukan optimalisasi pengawasan di pelosok – pelosok tersebut, terutama pendistribusian logistik Pemilu, mengingat pelosok tersebut tidak bisa dijangkau kendaraan roda empat karena kondisi jalan yang tidak memadai, dimana kendala mungkin saja bisa terjadi di daerah tersebut”, katanya melanjutkan.

Pengawasan di Desa, kami optimalkan Panwaslu Kelurahan/Desa (PKD) mengingat saat ini memasuki tahapan kampanye dan sudah banyak agenda kampanye peserta Pemilu, hal ini penting karena tugas kami untuk mencegah dan melakukan penindakan terhadap pelanggaran terhadap Pemilu”, ungkapnya.

Pengawasan rutin adalah pemutakhiran data pemilih, penetapan daftar pemilih sementara dan daftar pemilih tetap, mengingat proses tersebut terus bergulir hingga pelaksanaan Pemilu, kami juga mendorong partisipasi masyarakat untuk turut serta mengawasi seluruh tahapan penyelenggaraan Pemilu, termasuk dengan Media sebagai mitra kami” cetusnya.

Seberat apapun kendala dan tantangan yang kami hadapi dalam rangka mewujudkan Pemilu yang demokratis, bermartabat dan berkualitas, kami siap mengawal seluruh tahapan penyelenggaraan Pemilu,” tutup Carta.

ARS

Share artikel ini

Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares