Bangkitkan Ekonomi Lokal, Gerai UMKM Ciledug Prima Tembus Omset Jutaan Rupiah

Bangkitkan Ekonomi Lokal, Gerai UMKM Ciledug Prima Tembus Omset Jutaan Rupiah

TANGERANG, Poskotanews.co.id – Kota Tangerang kembali berhasil memberikan representasi kesukseskan pengelolaan Unit Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM. Salah satunya, lewat pengembangan Gerai UMKM Ciledug Prima yang saat ini telah rutin menembus omset sampai di angka jutaan rupiah.

Kepala Seksi Ekonomi dan Pembangunan (Ekbang) Kecamatan Ciledug, Kota Tangerang, Soni Wibisono menuturkan, Gerai UMKM Ciledug Prima ini telah berjalan sejak tahun 2018 silam. Lanjutnya, Gerai UMKM Ciledug Prima ini bertempat di lokasi yang strategis, yakni di halaman Kantor Kecamatan Ciledug yang letaknya tidak jauh dari perempatan lampu merah Ciledug, sehingga tidak heran berhasil menggaet banyak pelanggan, mulai dari pegawai, anak-anak sekolah, sampai masyarakat umum yang sedang melintas.

“Ini semua merupakan bentuk inisiasi dari Kecamatan Ciledug untuk program pemberdayaan UMKM di lingkungan sekitar. Oleh karenanya, bentuk tindak lanjutnya adalah memfasilitasi suatu ruang yang kini dikelola bersama-sama secara bergantian oleh setiap kelurahan di setiap pekannya,” ujar Kepala Seksi Ekbang Kecamatan Ciledug, Soni Wibisono, Senin (04/09/2023).

Koordinator Kecamatan (Korcam) UMKM Ciledug, Anggraini menenambahkan, Gerai UMKM Ciledug Prima ini dikelola secara kolektif oleh forum-forum UMKM di 8 kelurahan yang ada di Kecamatan Ciledug, Kota Tangerang. Dikelola secara bergantian setiap pekannya, Gerai UMKM Ciledug Prima ini menjual aneka ragam produk UMKM khas kelurahan masing-masing, mulai dari makanan berat, kue, gorengan, dan masih banyak produk unggulan lainnya. 

“Mekanisme yang dipakai di sini adalah sistem perputaran secara merata. Jadi, setiap forum-forum UMKM tingkat kelurahan akan digilir secara bergantian sepekan sekali untuk menjajakan produk buatannya masing-masing, terutama produk-produk kuliner dengan harga yang terjangkau,” tambah Korcam UMKM Ciledug, Anggraini.

Tak hanya itu, kesuksesan pengelolaan Gerai UMKM Ciledug Prima ini juga dibuktikan dengan omset harian yang mencapai 1,5 sampai 2 juta rupiah. Lewatnya, keuntungan Gerai UMKM Ciledug Prima ini dialokasikan untuk kebutuhan pengembangan Forum UMKM Ciledug Prima, seperti bazar, akomodasi kegiatan UMKM, pengembangan modal, pelatihan, dsb, sehingga sirkulasi perekonomian lokal tetap dapat terus berkembang.

Selain itu, Gerai UMKM Ciledug Prima juga diharapkan dapat terus beradaptasi dengan perkembangan zaman meski sudah terbilang sukses dan berdaya, salah satunya adalah pemanfaatan media sosial, seperti pemasaran lewat Tik Tok, pembayaran dengan sistem QRIS, dsb. Sehingga, Gerai UMKM Ciledug Prima tetap menjadi primadona bagi masyarakat sekitar yang ingin merasakan produk-produk UMKM asli Kota Tangerang.

“Alhamdulillah, sejauh ini antusias masyarakat sangat luar biasa. Transaksi juga tidak hanya terjadi di lokasi secara langsung melainkan pemesanan online. Semoga ini semua tetap terjaga, terawat, dan dapat terus dikembangkan, karena telah terbukti menjadi salah satu wadah alternatif yang menjanjikan dalam mengembangkan perekonomian lokal khususnya di Kecamatan Ciledug, Kota Tangerang,” pungkasnya.

RedaksiMts

Share artikel ini

Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares