Indonesia Memasuki Masa Endemi, Pemkot Tangerang Imbau Warga Tetap Terapkan PHBS

Indonesia Memasuki Masa Endemi, Pemkot Tangerang Imbau Warga Tetap Terapkan PHBS

TANGERANG, Poskotanews.co.id – Pemerintah Pusat Republik Indonesia pada Rabu, 21 Juni 2023 lalu telah mengumumkan bahwa status pandemi COVID-19 di Indonesia telah dicabut dan kini memasuki masa endemi. Hal ini disampaikan langsung oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo melalui siaran langsung di kanal YouTube Sekretariat Presiden. Salah satu indikator status pandemi di Indonesia beralih ke endemi karena kasus harian COVID-19 di Indonesia mendekati nihil. 

Mengenai indikator tersebut, Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang, dr. Dini Anggraeni mengatakan kasus harian COVID-19 di Kota Tangerang sudah sangat jauh berkurang bahkan hingga nihil. Selain itu, masyarakat Kota Tangerang juga sudah memiliki antibodi dan cakupan vaksinasi COVID-19 di Kota Tangerang sudah baik. 

“Kasus harian COVID-19 masih ada tapi hanya satu atau dua kasus bahkan nihil. Hasil sero survey, masyarakat Kota Tangerang antibodinya sudah terbentuk 100 persen dan cakupan vaksinasi COVID-19 juga sudah baik yang artinya COVID-19 di Kota Tangerang terkendai. Untuk masyarakat yang belum melakukan atau melengkapi vaksinasi tetap dianjurkan untuk melengkapinya hingga booster kedua. Terutama, untuk masyarakat yang rentan seperti lansia dan anak-anak sedang kami sisir dan galakan kembali,” ungkapnya saat ditemui di Stadion Benteng Reborn, Jumat (23/06/2023). 

Ia melanjutkan, pelayanan surveillance COVID-19 di seluruh fasilitas layanan kesehatan di Kota Tangerang masih bisa didapatkan sebagai salah satu pengendalian COVID-19. Jika masyarakat Kota Tangerang memiliki gejala-gejala menyerupai COVID-19, agar segera melakukan pemeriksaan di fasilitas layanan kesehatan terdekat. 

“Pelayanan seperti swab masih bisa didapatkan karena sebagai salah satu upaya pengendalian COVID-19. Sama seperti TBC dan lainnya itu tetap ada dan pengendaliannya pun tetap harus ada. Apabila sakit, dan gejalanya menyerupai COVID-19 segera memeriksakan diri ke fasilitas layanan kesehatan terdekat,” lanjutnya. 

Masyarakat Kota Tangerang diimbau untuk tetap menjaga kesehatan, tetap menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), mengonsumsi makanan bergizi dan seimbang, dan rutin berolahraga. “Masyarakat tentunya harus tetap menjaga kesehatan karena kesehatan itu datang dari kesadaran diri sendiri. Keinginan untuk hidup sehat ini bukan saja untuk diri sendiri, tetapi juga berdampak pada keluarga dan lingkungan sekitar,” imbaunya.

Redaksi/Sin

Share artikel ini

Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares