Mempunyai Wawasan yang Luas, Ini MC Mayora Group…!

Mempunyai Wawasan yang Luas, Ini MC Mayora Group…!

TANGERANG, Poskotanews.co.id – Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI, 2016), pewara memiliki arti yaitu pembawa acara dalam suatu upacara, pertemuan, dan sebagainya. Banyak istilah yang di pakai untuk penyebutan pembawa acara, salah satunya adalah yang biasa kita dengar MC (Master Of Ceremony).

Seorang MC memiliki beberapa tugas, terbagi dalam tugas sebelum dan saat berlangsungnya acara. Tahap persiapan termasuk meliputi check lokasi acara, check sound, mengetahui siapa saja para pengisi acara, jumlah tamu atau audiens, siapa saja yang akan hadir, itu semua harus di ketahui dan di persiapkan oleh seorang Master of Ceremony atau oleh seorang “raja kecil” dalam sebuah acara.

Saat berlangsungnya acara MC mengontrol waktu demi puasnya audiens, mengenalkan acara, siapa saja pengisi acara, jika ada sponsor juga harus jadi bagian yang harus di sampaikan oleh seorang MC, bahkan seorang MC harus menguasai keadaan jika salah satu atau dua dari pengisi acara datang terlambat.

Siapapun bisa menjadi seorang MC yang handal jika memiliki beberapa syarat, diantaranya mempunyai pengetahuan dan wawasan yang luas, cerdas dan kreatif, komunikatif, serta menguasai bahasa atau memiliki skill public speak, Berawal dari seringnya menyampaikan gagasan dan pertanyaan dalam sebuah forum atau audiensi, seseorang bisa saja menjadi terbiasa berbicara di muka umum, bahkan karena seringnya melakukan hal tersebut bisa membawa seseorang menjadi pembawa acara atau MC.

M. Nurhana (37) tahun, akrab di panggil “Bang Nana” ketika berada di atas panggung membawakan sebuah acara ini, mengaminkan penyebab dirinya menjadi seorang pembawa acara atau MC.

Pada saat ditemui di kediamannya Perum Kutabumi 6 Residence Tahap 6 Blok G8/ No. 17, RT.11/12, Desa Rajeg Mulya, Kecamatan Rajeg, Kabupaten Tangerang, Sabtu sore, (17/09/2022), dengan penuh antusias, Nana menjawab beberapa pertanyaan dari wartawan Poskotanews.co.id, dalam kesempatan tersebut, Nana menyampaikan awal mula sampai keterusan menjadi seorang MC, Awalnya karena sering menyampaikan gagasan dalam sebuah forum serikat buruh di tempat kerja, akhirnya jadi terbiasa berbicara di depan orang banyak,” kata Nana.

Dalam kesempatan tersebut Nana “memamerkan” beberapa foto event dimana dia menjadi seorang MC-nya, dari rapat koperasi di Mayora Group, event serikat buruh yang di hadiri Walikota Tangerang, Arief Wismansyah, event membawakan acara dalam giat sosial tanggap bencana dari Mayora Group, sampai menjadi MC dalam helat Rapat Pimpinan Nasional sebuah Federasi serikat buruh.

“Ketika ada event dari Mayora Group, dirinyalah yang sering di mendapat tugas untuk membawakan acaranya, Kebanggaan tersendiri lah bisa membawakan acara dari sebuah perusahaan besar dan ternama” ungkap Nana.

Lelaki humoris ini ternyata juga menjadi pengasuh dari sebuah Taman Pendidikan Qur’an Riyadhus Shibyan. Hal yang luar biasa dan berbanding lurus dengan hobi berbicara di depan khalayak bisa di implementasikan sebagai seorang tenaga pengajar untuk anak-anak usia dini.

Dalam akhir wawancara Nana juga memiliki harapan, “Semoga tetep eksis menjadi seorang MC, semoga pihak-pihak yang sudah dan akan memakai jasa saya selalu puas dan saya akan berusaha memberikan yang terbaik dalam setiap tugas saya”, pungkas Nana.

Sugeng Triono

Share artikel ini

Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares