Rutan Humbahas Gandeng TNI/ Polri Dan Damkar Gelar Apel Kesiapsiagaan Jelang Nataru

Rutan Humbahas Gandeng TNI/ Polri Dan Damkar Gelar Apel Kesiapsiagaan Jelang Nataru

HUMBAHAS SUMUT, Poskotanews.co.id- Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Humbang Hasundutan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Kantor Wilayah Sumatera Utara menggelar Apel Kesiapsiagaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 ( NATARU ) sebagai langkah mengantisipasi gangguan keamanan dan ketertiban menjelang natal dan tahun baru, jumat (15/12/2023).

Kegiatan ini merupakan tindaklanjut dari surat edaran Direktur Jendral Pemasyarakatan Nomor : PAS-2077.PK.08.05 Tahun 2023 Tentang Peningkatan Kewaspadaan Menghadapi Perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Apel Kesiapsiagaan ini dipimpin langsung oleh Karutan Humbang Hasundutan, Sahat Parsaulian dan diikuti oleh seluruh petugas Rutan Humbang Hasundutan baik dari Pejabat Struktural, Staff, Seluruh Regu Pengamanan. Apel ini juga melibatkan personil dari TNI yang berasal dari Kodim 05/DS, Polisi yang berasal dari Polsek Dolok Sanggul dan Pemadam Kebakaran Humbang Hasundutan.

Karutan Humbang Hasundutan bertindak sebagai Pemimpin Apel memberikan arahannya untuk selalu meningkatkan kewaspadaan dan perhatian terhadap segala ancaman gangguan keamanan dan ketertiban di dalam maupun luar rutan dan memastikan seluruh area branggang, CCTV dan alat keamanan lainnya berfungsi dengan baik dan menjalin sinergitas terhadap aparat terkait.

Dalam menjaga keamanan dan ketertiban menjelang Natal dan Tahun Baru, seluruh personil yang ada untuk tetap meningkatkan kewaspadaan dan perhatiannya terhadap segala potensi ancaman gangguan keamanan dan ketertiban. Saya juga meminta teman-teman petugas untuk dapat melaksanakan Job Ganda yaitu sebagai petugas keamanan dan sebagai teman konseling bagi wbp kita ” ucap Sahat.

Setelah serangkaian kegiatan apel dilaksanakan, kegiatan dilanjutkan dengan Operasi Razia Gabungan Humanis Kamar Hunian. Operasi Razia Gabungan dipimpin langsung Karutan Humbang Hasundutan dan diikuti oleh seluruh petugas Rutan Humbang Hasundutan dan personil TNI-POLRI dan Damkar yang dibagi tugas untuk memeriksa tiap-tiap kamar hunian warga binaan.

Adapun Hasil Razia Gabungan yakni beberapa sajam, sendok Stainless Steel, lampu, handphone, headset dan satu buah pawer bank. Barang-barang hasil razia diinventarisir, dicatat dan diamankan untuk dimusnakan.

Setelah melakukan kegiatan Razia Gabungan, petugas Rutan Humbang Hasundutan bersama Damkar Humbang Hasundutan juga melakukan pengecekan alat pemadam yang tersebar di Rutan Humbang Hasundutan dan tak luput juga Trafo Listrik yang memungkinkan memicu terjadinya kebakaran.

Setelah seluruh kegiatan selesai, seluruh peserta apel kesiapsiagaan melakukan foto bersama dan melakukan kegiatan ramah tamah. Karutan Humbang Hasundutan juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh personil dari TNI yang berasal dari Kodim 05/DS, Polisi yang berasal dari Polsek Dolok Sanggul dan Damkar Humbang Hasundutan yang telah turuh bersinergi dalam kegiatan Apel Kesiapsiagaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Golmen Lumbanraja

Share artikel ini

Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares