Sabet Juara Dua Porsenap Banten 2023, Kalapas Cilegon: Sumbangsih Warga Binaan Dengan Beragam Kompetensi

Sabet Juara Dua Porsenap Banten 2023, Kalapas Cilegon: Sumbangsih Warga Binaan Dengan Beragam Kompetensi

CILEGON, Poskotanews.co.id – Seluruh rangkaian semarak Pekan Seni dan Olahraga Narapidana (Porsenap) di lingkungan satuan kerja Kemenkumham Banten secara resmi ditutup dengan menghadirkan Direktur Jenderal Pemasyarakatan Reynhard Silitonga dan Pj. Gubernur Banten Al.Muktabar, Jum’at (16/06/2023).

Penutupan semarak porsenap diisi dengan penampilan tarian dari warga binaan Lapas Kelas IIA Tangerang, Pembacaan Doa dari pemenang lomba Da’i dari Lapas Kelas IIA Cilegon, penampilan band dari warga binaan Lapas Pemuda Kelas IIA Tangerang, dan LBB dari warga binaan Lapas Perempuan Kelas IIA Tangerang.

Hadir dalam kegiatan, Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kelas IIA Cilegon, Enjat Lukmanul Hakim mengatakan kegiatan Porsenap Banten 2023 ini memberikan kesempatan pihaknya dalam mengembangkan talenta dan kemampuan warga binaannya, sehingga bisa menyumbangkan berbagai gelar juara bagi Lapas Kelas IIA Cilegon.

“Semarak Porsenap Banten 2023 diikuti oleh para warga binaan kami dengan merebut berbagai medali juara. Sehingga merebut gelar juara kedua. Ini menjadi sumbangsih warga binaan kami dengan beragam kompetensi,” ucapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Direktur Jenderal Pemasyarakatan, Reynhard Silitonga berkesempatan menyerahkan piala bergilir kepada Lapas Pemuda Kelas IIA Tangerang yang keluar sebagai juara umum Porsenap di Wilayah Banten. Menyusul di posisi juara kedua, Lapas Kelas IIA Cilegon, yang dalam Porsenap Banten 2023 didapuk sebagai tuan rumah dalam upacara pembukaan, pada Sabtu (18/02) lalu.

Dirjen Pemasyarakatan, Reynhard Silitonga mengapresiasi bentuk pembinaan yang telah dilakukan satuan kerja pemasyarakatan di Wilayah Banten. Reynhard menjelaskan bahwa kegiatan pembinaan yang dilakukan ini merupakan perintah undang-undang dan Kanwil Kemenkumham Banten telah melaksanakannya dengan baik.

“Pelaksanaan Porsenap seperti ini merupakan sebuah usaha untuk meningkatkan kreativitas dan kemampuan warga binaan pemasyarakatan, ini merupakan bentuk pembinaan dalam lembaga pemasyarakatan,” ujarnya.

Kemenangan Tim Lapas Cilegon dalam ajang Porsenap 2023 didapatkan dari berbagai cabang olahraga dan seni. Gelar juara pertama yang berhasil direbut pada ajang pertandingan catur. Saat itu atlet terbaik berhasil merebut gelar juara 2 dengan mengalahkan lawan-lawannya saat bertanding di Lapas Kelas III Rangkasbitung.

Lalu, sebagai tuan rumah untuk 3 pertandingan yaitu, Basket, Voli dan Mini Soccer. Lapas Cilegon juga menjadi Tim yang tampil pantang menyerah dengan menyabet gelar juara. Dalam ajang basket, meski baru pertama kali tim terbentuk, Lapas Cilegon sudah berhasil meraih prestasi dengan menyabet gelar juara 3. Di ajang Voli dan Mini Soccer, Tim Lagoon menjadi yang tak terkalahkan dengan merebut piala kemenangan juara pertama.

Tak hanya berprestasi di cabang olahraga, Lapas Cilegon juga membuktikan dirinya untuk dapat menunjukkan semangat terbaik dalam ajang seni. Lagoon Band tampil nyentrik dengan memakai topeng serta setelan wearpack merah dalam Festival Musik Porsenap 2023 Banten, di Lapas Pemuda Kelas IIA Tengerang. Selain dengan kepiawaiannya dalam bermusik, gaya unik Band Warga Binaan Lapas Cilegon ini berhasil mencuri perhatian dewan juri hingga akhirnya diumumkan terbaik di posisi ke-3.

Torehan prestasi juga diukir oleh dua orang warga binaan Lapas Cilegon dalam ajang perlombaan Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) Porsenap 2023, yang digelar di Lapas Kelas I Tangerang. Gelar juara pertama diraih dalam dua perlombaan. Yaitu, untuk kategori Tilahwatil Qur’an dan lomba menjadi Da’i.

Ali Hermawan

Share artikel ini

Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares