Gandeng Dinas Perpustakaan, KKM UNSERA 51 Adakan Giat Taman Baca Masyarakat

Gandeng Dinas Perpustakaan, KKM UNSERA 51 Adakan Giat Taman Baca Masyarakat

SERANG, Poskotanews.co.id – Kelompok Kuliah Kerja MahaSiswa Universitas Serang Raya (KKM UNSERA) 51 mengadakan Kegiatan Taman Baca Masyarakat. Yang bekerja sama dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan daerah Kabupaten Serang 2022 Sekaligus di rangkai dengan pemotongan pita.

Kegiatan acara ini mengangkat tema “Cinta Bukumu Baca Buku Tiap Hari” Yang bertempat di Paud Puspa, Kampung Nengger RT.02/ RW.01 Desa Lebak, Kecamatan Ciomas, Kota Serang, Rabu (07/09/2022).

“Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan dari minat baca seluruh element masyarakat kampung nengger terutama pada anak kecil,” Hal yang di katakan Ketua KKM Unsera 51, Viky saat di wawancarai usai acara.

Viky memaparkan, karena memang survey yang ada menunjukan bahwa minat baca anak kecil se-Indonesia itu sangat kecil. yang mana ini dari lahir kita sebagai mahasiswa untuk bagaimana meningkatkan minat baca seluruh masyarakat di Indonesia pada umumnya.

“Selain itu, sambung Viky, kita sudah melakukan dari beberapa aspek yang mana kampung Nengger ini sudah menunjukan ke cocokan dari apa yang kita pilih sebagai program kerja,” jelasnya.

Selanjutnya, Viky juga menyebutkan di kampus Unsera itu terdiri dari sekitar 70 kelompok yang tersebar di Cilegon, Serang maupun pandeglang dan juga untuk lebih detail di kecamatan ciomas sendiri ada 5 kelompok dari unsera yang mana salah satunya KKM 51 ini. yang terdiri dari 17 orang, baik 9 laki laki , 7 perempuan. acara ini kita laksanakan sampai 40 hari di mulai tanggal 15 Agustus 2022.

“Adapun untuk terkait pembiyayaan, dari uang saku kita sendiri namun ada pihak kampus salah satunya mengenai sadari aspek Peningkatan UMKM di desa Lebak kecamatan Ciomas itu salah bantuan dari pihak kampus,” ujarnya.

“Terima kasih kepada warga masyarakat yang sudah menerima kedatangan kami untuk melaksanakan KKM ini dan untuk kampus kami sendiri Terima kasih sudah mefasilitasi dari berbagai aspek,” ucap Viky.

Di tempat yang sama, Kasie pelayanan DPKD, Iwan Suryadi menerangkan, tujuannya untuk memperkenalkan budaya baca atau literasi kepada masyarakat desa sifatnya yang di jalankan buku walaupun hendpon pun penjelajah dunia, alhamdulilah minat baca warga negara Indonesia ini tinggi tapi daya bacanya masih kurang,

“Yang mana kami berkunjung kampung Nengger berdasarkan permohonan atau
permintaan dari KKM 51 universitas Serang raya, sehingga kewajiban kami membawa kendaraan perpustakaan keliling ini kelokasi yang di minta sesuai surat,” tutur Iwan.

“Kepada semua mahasiswa yang melakukan KKM atau pun tidak, bentuk baca minat baca dimana pun tetap di tingkatkan dan itu harus di lestarikan terus. dan juga ia berharap kepada Pimpinan kita masih banyak kekurangan baik itu kendaraan, persediaan buku dan anggaran untuk oprasional 362 ini 29 kecamatan,” harapanya.

Sementara itu, Kades Lebak, Enjuh Juheni mengucapkan, “Banyak Terima kasih kepada mahasiswa Unsera KKM 51 dan Kasie Pelayanan DPKD Perpustakaan dan untuk kedepanya tidak hanya sebatas ini dari dinas perpustakaan untuk selalu berkeliling mengadakan program program seperti ini. dan juga untuk anak anak agar tambah pintar bisa membaca dengan adanya perpustakaan ini,” pungkasnya.

Ali Hermawan

Share artikel ini

Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares