Kapolda Banten Sidak Pelayanan di Polres Serang dan Polresta Tangerang

Kapolda Banten Sidak Pelayanan di Polres Serang dan Polresta Tangerang

SERANG, Poskotanews.co.id – Kapolda Banten Irjen Pol Prof. Dr. Rudy Heriyanto didampingi Pejabat Utama Polda Banten melaksanakan sidak pelayanan di Kantor Samsat Serang dan Polresta Tangerang, pada hari Rabu (10/05/2023).

Dalam kegiatan sidak pelayanan ke Kantor Samsat Serang, Kapolda Banten di sambut oleh Kapolres Serang AKBP Yudha Satria para PJU serta para personel jajaran Polres Serang.

Kabidhumas Polda Banten Kombes Pol Didik Hariyanto menjelaskan bahwa dalam kunjungannya, Kapolda Banten juga melakukan pengecekan di Kantor Samsat Serang. “Bapak Kapolda Banten melakukan pengecekan di kantor Samsat Serang, mulai dari loket pelayanan Samsat, pelayanan cek fisik, cetak nopol kendaraan bermotor dan gudang arsip yang ada di Samsat Serang,” ucap Didik.

Setelah selesai melakukan pengecekan di kantor Samsat Polres Serang, Kapolda beserta rombongan bergeser ke Polresta Tangerang menuju ruang comand center yang di dampingi Kapolresta Tangerang Kombes Pol Sigit Dany Setyono SH, S.IK, M.Sc, Eng untuk melihat beberapa inovasi yg tersambung dalam comand center. “Program innovasi yang diusung oleh Kapolresta Tangerang yaitu diantaranya ruang command center yang terintregasi dengan CCTV, Patroli Barcode dan juga Polisi RW serta Rumah Kebangsaan,” tutur Didik.

Konektifitas CCTV Polresta Tangerang sudah tersebar di 320 titik, yaitu terletak pada titik rawan kriminalitas, rawan kemacetan, rawan kecelakaan, rawan tawuran dan titik-titik objek vital. Selain CCTV internal, konektifitas CCTV di Polresta Tangerang juga terhubung dengan Dinas Perhubungan, pengelola jalan tol, kawasan industri dan juga perkantoran, pusat perbelanjaan, kawasan perumahan, serta CCTV yang dimiliki secara pribadi oleh masyarakat.

“Dari kerjasama yang sudah terjalin ini, Polresta Tangerang dapat melakukan pemantauan secara langsung melalui command center ini terkait kegiatan – kegiatan masyarakat, maupun kondisi arus lalu lintas, sehingga jika terjadi kemacetan, kecelakaan, ataupun gangguan Kamtibmas lainnya, petugas command center dapat langsung menghubungi petugas terdekat, sehingga kemacetan dapat segera terurai, korban kecelakaan dapat segera dilakukan pertolongan, dan gangguan Kamtibmas lainnya dapat segera diatasi oleh petugas yang telah kami hubungi tersebut,” jelas Didik.

Kemudian, Didik menjelaskan bahwa Polresta Tangerang mempunyai aplikasi Tangerang command centre (TCC). Aplikasi ini berisikan portal data statistik dan monitoring dari aplikasi Polresta Tangerang. Portal ini bermanfaat untuk mempermudah analisa dan evaluasi serta mempermudah pertimbangan pengambilan keputusan pihak-pihak terkait. Selain itu, aplikasi TCC ini juga dapat memonitoring langsung laporan patroli barcode dan aplikasi Polisi RW. “Jadi kalau pengemban Polisi RW sudah upload di aplikasi, maka laporan tersebut langsung terintegrasi di aplikasi TCC, hal ini dilakukan untuk mempermudah pemantauan kegiatan polisi RW di wilayah hukum Polresta Tangerang,” ujar Didik.

Setelah mendengar inovasi Kapolresta Tangerang tersebut, Kapolda Banten beserta rombongan mengecek pelayanan satpas Polresta tangerang, untuk memastikan anggota dapat memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat. Kemudian dilanjutkan
mengecek gedung SPKT (sentra pelayanan kepolisian terpadu) yang memberikan pelayanan kepada masyarakat meliputi pelayanan SKCK, sidik jari, perizinan, pengaduan masyarakat. “Dalam pengecekan pelayanan tersebut, Kapolda Banten juga menyapa masyarakat yang sedang mengurus kebutuhan dalam layanan Polri seperti pembuatan SKCK, dan pelayanan lainnya,” pungkasnya.

Redaksi/Bidhumas

Share artikel ini

Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares