Polres Humbahas Melaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi “ZEBRA TOBA 2023”

Polres Humbahas Melaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi “ZEBRA TOBA 2023”

HUMBAHAS SUMUT, Poskotanews.co.id- Apel gelar pasukan operasi “Zebra Toba 2023” dilaksanakan betempat di Tapian nauli, Jl. Siborong borong – Doloksanggul km 12, di lapangan Apel Polres Humbang Hasundutan, senin (04/09/23).

Permasalahan keamanan,keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas di Sumatera Utara masih sangat memprihatinkan. Hal tersebut tentu tidak terlepas dari rendahnya kesadaran terhadap peraturan berlalu lintas dan kepatuhan para pengguna jalan.

Didalam arahan Kapolres Humbahas AKBP Hary Ardianto SH SIK MH mengatakan untuk menyikapi permasalahan tersebut, Polda Sumut beserta jajaran menggelar operasi kepolisian kewilayahan dengan sandi “Zebra Toba – 2023”.

Pelaksanaan operasi ini akan berlangsung selama 14 hari terhitung mulai hari ini, tanggal 04 – 17 september 2023 dengan mengusung tema “Kamseltibcarlantas” yang kondusif menuju pemilu damai 2024 di wilayah Provinsi Sumatera Utara” ucapnya.

Operasi Zebra TOBA – 2023 merupakan operasi harkamtibmas bidang lalu lintas yang mengedepankan kegiatan edukatif dan persuasif serta humanis di dukung dengan penegakan hukum secara elektronik dan tilang di tempat serta teguran yang humanis bagi pelanggar lalu lintas.

Selain Itu, operasi Zebra TOBA – 2023 juga bertujuan sebagai sarana cipta kondisi menjelang pelaksanaan “OPS Mantap Brata TOBA – 2024”, dimana dalam pelaksanaan nya, selain memberikan edukasi mengenai tata cara berlalu lintas yang naik kepada masyarakat, sekaligus membentuk karakter masyarakat yang disiplin dan taat pada aturan hukum yang berlaku.

Melaksanakan penegakkan hukum lalulintas terhadap tindak pelanggaran secara elektronik serta teguran dan penindakan tilang di tempat untuk pelanggaran lalu lintas yang belum tercakup dalam sistem etle dan pelanggaran yang menimbulkan kecelakaan lalu lintas dengan fatalitas tinggi atau pelanggaran lalu lintas berat pada 8 (Delapan) prioritas pelanggaran dengan humanis, yaitu :
1.Pengemudi atau pengendara kendaraan bermotor yang menggunakan ponsel saat berkendara.
2.Pengemudi atau pengendara kendaraan bermotor yang masih dibawah umur.
3.Pengemudi atau pengendara sepeda motor yang berboncengan lebih dari 1 (Satu) Orang.
4.Pengemudi atau pengendara sepeda motor tidak menggunakan helm SNI dan pengemudi atau pengendara kendaraan bermotor tidak menggunakan safety belt.
5.Pengemudi atau pengendara kendaraan bermotor dalam pengaruh alkohol.
6.Pengemudi atau pengendara kendaraan bermotor melawan arus.
7.Pengemudi atau pengendara kendaraan bermotor yang melebihi batas kecepatan.
8.Penemudi atau pengendara kendaraan bermotor dengan knalpot Blong” tegasnya.

Saya tekankan kepada seluruh personel selama pelaksanaan operasi
senantiasa berdoa kepada Tuhan yang maha esa dan niatkan setiap pelaksanaan tugas sebagai ladang Ibadah. Utamakan faktor keamanan dan keselamatan dengan mempedomani standar operasional prosedur yang ada. Lakukan operasi ini sesuai prosedural, tidak arogan dengan simpatik dan humanis 3 S (Sabar, Sopan dan Senyum)” pungkasnya.

Adapun yang hadir dalam pelaksanaan gelar pasukan operasi “Zebra TOBA 2023″ tersebut yaitu Kapolres Humbahas Akbp Hary Ardianto SH SIK MH, Waka Polres Humbahas Kompol Briston Munte Carlo Napitupulu ST SIK, para PJU Polres Humbahas.

Tampak hadir didalam pelaksanan- pelaksanaan gelar pasukan operasi “Zebra TOBA 2023″ tersebut Bupati Humbang Hasundutan Dosmar Banjar Nahor SE, Pabung Kodim 0210/TU Mayor Ojak Simarmat, mewakili Kajari Humbahas, Kasi BB, Ilmi A.Lubis SH MH, unsur OPD Pemkab Humbang Hasundutan. Tokoh Agama S.Hutagaung, Tokoh Masyarakat Warlui Simamora.

Golmen Lumbanraja

Share artikel ini

Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares