Terdampak Banjir, Danrem 031/WB Bersama Forkompinda Kota Pekanbaru Serahkan Paket Sembako Kepada Warga

Terdampak Banjir, Danrem 031/WB Bersama Forkompinda Kota Pekanbaru Serahkan Paket Sembako Kepada Warga

PEKANBARU, Poskotanews.co.id – Komandan Korem 031/WB Brigjen TNI Dani Rakca, S.A.P., M. Han, turun kembali untuk meninjau ke lokasi pemukiman warga Perumahan Witayu Jalan Gotong Royong Kelurahan Sri Meranti Kecamatan Rumbai yang terdampak bencana alam banjir. Sabtu (13/01/2024)

Setiba di lokasi tampak Danrem 031/Wira Bima bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) Kota Pekanbaru, Satuan TNI – Polri, BNBP Riau, BPBD Kota Pekanbaru, Camat Rumbai dan Lurah Sri Meranti serta Ketua RT dan RW.

Kunjungan ini sebagai bentuk sinergitas TNI – Polri dan Pemerintah yang hadir ditengah tengah kesulitan masyarakat serta memberikan dukungan moral bagi yang terdampak musibah banjir.

Kedatangan Danrem 031/WB beserta rombongan tidak hanya sekedar berkunjung namun juga dalam rangka melaksanakan bakti sosial dalam bentuk pemberian bantuan.

Pada kesempatan itu, Danrem 031/Wira Bima Brigjen TNI Dany Rakca, S.A.P., M.Han mengatakan setiap prajurit TNI harus selalu berupaya hadir dalam setiap kesulitan masyarakat.

“Jangan biarkan masyarakat berjuang sendiri dalam menyelesaikan setiap kesulitan. Sebisa mungkin berikan solusi dalam setiap persoalan yang ada di masyarakat,” ucap Danrem.

“Kedatangan kami hari ini bersama Walikota dan teman teman dari Polri adalah dalam rangka mengunjungi masyarakat yang terdampak banjir diwilayah Perumahan Witayu. Hadirnya TNI Polri dan pemerintah daerah merupakan sebuah bentuk empati dan memberikan kekuatan moril pada masyarakat,” ujarnya.

Semoga dengan kehadiran TNI – Polri dapat memberikan rasa aman dan ketenangan serta kenyamanan bagi masyarakat terdampak rumahnya terkena banjir. Musibah yang dihadapi masyarakat, Pemerintah akan selalu ada, Masyarakat tidak akan dibiarkan untuk menghadapi sendiri.

“Ke depan kami ingin lebih memperkuat sinergitas serta lebih menyempurnakan penanganan banjir terutama disepanjang aliran dan bantaran sungai Siak ini. Untuk penanganan banjir perlu komitmen bersama agar bisa mencarikan solusi terbaik bagi masyarakat,” kata Danrem.

Apresiasi yang besar diberikan Danrem pada masyarakat yang telah memberikan sarana dan prasarana bagi para korban banjir.

“Kami mengucapkan terima kasih sebesar besarnya pada masyarakat sekitar dan pemerintah setempat yang telah memberikan bantuan sarana dan prasarana pada para korban terdampak banjir. Semangat kebersamaan kekeluargaan ini harus terus tumbuh ditengah tengah masyarakat. Kehadiran kami bersama Polri akan memperkuat lagi sarana dan prasarana yang telah ada,” tambahnya.

Penambahan kekuatan sarana dan prasarana ini diharapkan akan menambah kenyamanan bagi masyarakat.

“TNI bersama Polri juga berencana membangun dapur lapangan di lokasi banjir. Keberadaan dapur lapangan ini diharapkan bisa membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan makanan sehari hari. Memang saat ini Pemko Pekanbaru telah mendirikan dapur lapangan, namun keberadaan dapur lapangan TNI – Polri akan menambah kapasitas makanan bagi masyarakat. Kami juga terus menerjunkan Personil Korem untuk bisa membantu masyarakat yang terdampak banjir. Bahkan hampir setengah kekuatan TNI telah berada bersama masyarakat untuk hadir ditengah tengah kesulitan masyarakat”.

Dalam kunjungan tersebut Danrem 031/WB juga mengimbau masyarakat agar bisa bahu membahu untuk mengurangi potensi banjir dilingkungan masing masing.

Himbau masyarakat untuk menanamkan kesadaran tentang mencintai lingkungan, menjaga kebersihan dan sampah. Hal terpenting dalam mengurangi potensi banjir adalah kesadaran masyarakat terhadap lingkungan disamping kesiapan sarana dan prasarana yang memadai.

“Mudah – mudahan dengan berkolaborasi antara TNI- Polri dan Pemerintah bisa bersama sama menyempurnakan program dalam mengatasi banjir”, tegas Danrem.

Pemko Pekanbaru mengimbau pada masyarakat agar tetap tenang. Apa yang terjadi adalah musibah bukan sesuatu yang dibuat buat. Hanya saja selaku Pj Walikota, dia berpesan situasi banjir ini tetap harus waspada dan tetap jaga keluarga terutama anak anak dari kemungkinan musibah lainnya.

Dan Pemko Pekanbaru menyampaikan apresiasi yang tinggi pada TNI – Polri yang telah hadir mengunjungi masyarakat kota Pekanbaru yang terdampak banjir. “Dukungan dari TNI – Polri cukup luar biasa bagi masyarakat kota Pekanbaru” pungkas Pj Walikota.

Untuk Kecamatan Rumbai sendiri masyarakat yang terdampak banjir telah mencapai 2000 jiwa.

Turut hadir dalam kunjungan tersebut Pj Walikota Pekanbaru Muflihun S.STP, Kasi Log Kasrem 031/WB Kolonel Arh Runa Kartika, Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol Jeki Rahmat Mustika S.I.K, Dandim 0301/Pbr Letkol Inf Sri Marantika, Danyon Arh 13/Pby Letkol Arh Budi Prasetya, Sekdako Indra Pomi, Kadis Sosial Kota Pekanbaru, Plt Kadis Kesehatan, Kalaksa BPBD Kota Pekanbaru, Basarnas Kota Pekanbaru, Camat Rumbai, Danramil 01/Rumbai, Babinsa dan Bhabinkamtibmas.

Redaksi

Share artikel ini

Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares