Penuh Suka Cita, Suasana Hari Raya Idul Adha Di Lapas Kelas IIA Cilegon

Penuh Suka Cita, Suasana Hari Raya Idul Adha Di Lapas Kelas IIA Cilegon

CILEGON, Powkotanews co. id- Momen hari raya Idul Adha juga dirasakan dengan penuh sukacita oleh warga binaan bersama para petugas di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Cilegon. Suasana khidmat begitu tampak jelas, saat mereka tumpah ruah memenuhi lapangan dalam Lapas, untuk melaksanakan Salat Id 1444 Hijriah, Kamis (29/06) pagi.

Mengenakan pakaian terbaik yang dimiliki, warga binaan tampak khusyuk mengikuti jalannya salat. Pelaksanaan salat ini juga dihadiri oleh Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kelas IIA Cilegon, Enjat Lukmanul Hakim beserta seluruh pejabat struktural

“Dalam Khotbahnya, khatib menceritakan tentang pengorbanan Nabi Ibrahim AS beserta anaknya Nabi Ismail AS. Proses tersebut sebagai kerelaan seorang hamba menjalankan perintah dan ujian Allah. Semoga, seluruh warga binaan umat muslim dapat mengambil hikmahnya dan menjadikan pembelajaran hidup,” ujar Kalapas Cilegon, Enjat Lukmanul Hakim, saat ditemui usai Salat Id bersama warga binaan.

Selepas salat, pihak Lapas turut menggelar pemotongan hewan kurban. Warga binaan yang tergabung dalam panitia hewan kurban berkumpul untuk melaksanakan tugas. Mereka yang bertugas mulai dari yang bertugas menyembelih, menguliti hingga yang memotong dan mengangkut potongan daging, siap dengan peralatan dan langsung mengambil perannya masing-masing.

Daging kurban tersebut, kata Kalapas, selain dimasak di dapur untuk dinikmati seluruh warga binaan, sebagian juga dibagikan kepada masyarakat sekitar Lapas.

“Hari ini Alhamdulillah, Lapas Cilegon memotong hewan kurban sebanyak 3 ekor sapi dan 14 ekor kambing. Sebagian daging akan kami berikan kepada masyarakat yang berada di sekitar Lapas, sehingga keberadaan kita memberikan manfaat kepada orang sekitar,” ungkapnya.

Dilaksanakan penuh sukacita, momen Idul Adha juga dijadikan untuk memotivasi diri agar selalu taat pada perintah Allah SWT, dengan menjalankan segala perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya.
(Ali Hermawan)

Share artikel ini

Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares