Sempat Tegang, Warga Kali Baru Nolak Demo Di Depan Kimia PT. Dover Chemical

Sempat Tegang, Warga Kali Baru Nolak Demo Di Depan Kimia PT. Dover Chemical

CILEGON, Poskotanews.co.id- Sempat bersitegang warga lingkungan Kali Baru dengan para pendemonstrasi yang tergabung dengan MBB (Masyarakat Banten Bersatu) melakukan aksi unjuk rasa di depan pabrik kimia PT Dover Chemical di kelurahan Gerem, Kecamatan Grogol, kota Cilegon, Kamis, (10/08/2023).

Berdasarkan Pantauan awak media beruntung kericuhan dapet dilerai oleh aparat kepolisian yang mengawal Aksi Demonstrasi langsung memisahkan dua kelompok tersebut agar tidak terjadi konflik.

Menurut informasi, Kericuhan ini terjadi karena aksi para demontrasi tersebut bukan dari unsur masyarakat warga lingkungan kali baru namun diduga di lakukan oleh segelintir orang demi kepentingan pribadi dengan dalih menuntut pencemaran limbah dan berdampak pada masyarakat sekitar, karena masyarakat lingkungan Kali Baru menyatakan baik baik saja, aman dan tidak ada masalah dengan PT Dover Chemical.

Dalam hal ini, Kepala Pemuda Link. Kali Baru, Sasra Diharja menyatakan, bahwa undangan bersama ratusan warga sekitar dari dua wilayah RT 01 dan 02 RW 02 menolak dan menolak Aksi Demo di PT Dover Chemical tersebut yang dilakukan oleh segelintir orang.

“Kami warga Link. Kali Baru dari dua wilayah RT 01 dan 02 RW 02 dengan tegas menolak aksi demo terhadap PT. Dover yang dilakukan segelintir orang. Kami warga sekitar turun untuk menyatakan sikap keberatan dan menolak aksi demo tersebut,” kata Kepala Pemuda Link. Kali Baru, Sasra Diharja.

“Apalagi mereka menyebut pencemaran limbah dan berdampak pada masyarakat sekitar, sedangkan kita masyarakat sekitar baik baik saja, aman dan tidak ada masalah dengan PT Dover. Kami dari Pengurus RT 01, RT 02 Tokoh Masyarakat dan Pemuda bahkan Ibu-ibu tadi ikut hadir untuk menolak demo” tambahnya.

Sementara, M. Sabar Ketua RT 01 Lingkungan Kali Baru yang didampingi ketua RT 02, Ketua Pemuda dan puluhan warga juga menegaskan bahwa aksi demo tersebut itu mutlak bukan dari warga lingkungan Kali Baru dan ia juga merasa kecewa dengan adanya Aksi Demonstrasi tersebut yang ditunggangi oleh warga luar.

“Kita tegaskan bahwa aksi demo Itu mutlak bukan dari warga lingkungan Kali Baru RT 01 dan RT 02. Jujur kami merasa kecewa dan sangat keberatan dengan adanya aksi tersebut, karena ini di tunggangi oleh warga luar, Karena ini adalah kepentingan pribadi,” katanya.

Sementara itu, Dade Suparna selaku Legal And Corporate Affair Manager PT DOVER CHEMICAL saat dikonfirmasi terkait aksi demo tersebut menyampaikan kronologi terjadinya aksi demo tersebut.

“Aksi demo ini terjadi dikarenakan sebelumnya ada beberapa masyarakat yang menawarkan tanahnya ke pihak PT Dover Chemical, Namun setelah diadakan diskusi harga tidak sesuai dengan kesepakatan, dijelaskannya, padahal tanah yang disebelah milik masyarakat sudah ada yang dibeli oleh pihak PT Dover Chemical dengan harga yang disepakati. Dan itu pun menurut kami sudah kita diatas rata-rata harga Zona Nilai Tanah (ZNT),” Kata Dade.

“Dari situ akhirnya timbul rencana di adakan aksi tapi demo nya bukan tanah tapi masalah limbah, menurut dugaan kami terjadinya aksi demo ini hanyalah ALIBI oknum warga setempat saja,” Tambahnya.

Dijelaskannya, terkait harga tanah tersebut, pihak PT Dover Chemical sudah memberikan penawaran harga diatas ZNT (Zona Nilai Tanah) dimana harga tersebut sudah tiga kali lipat dari NJOP (Nilai Jual Objek Pajak).

“Padahal kita beli itu sudah di atas, jadi NJOP disitu itu kira-kira harganya Rp500 kemudian ZNT nya kira-kira Rp1.000.000 kita beli Rp1.500.000 itu sudah jauh di atas semua kalau dari NJOP sudah tiga kali lipat lah dari NJOP, jadi kalau minta lebih lagi kita sudah tidak bisa,” ungkapnya.

dalam aksi demonstrasi puluhan massa di PT Dover yang dilakukan elemen masyarakat, sempat terjadi bersitegang dengan ratusan warga Link Kali Baru. Beruntung petugas kepolisian dari Polres Cilegon yang mengawal aksi tersebut tanggap melerai, dan tidak lama kemudian para demonstran membubarkan diri.

Ali Hermawan

Share artikel ini

Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares