Milangkala Desa Cipeundeuy Ke-212 Jatinunggal Dimeriahkan Berbagai Kegiatan

Milangkala Desa Cipeundeuy Ke-212 Jatinunggal Dimeriahkan Berbagai Kegiatan

SUMEDANG, Poskotanews.co.id – Peringatan Milangkala Ke-212 Desa Cipeundeuy Kecamatan Jatinunggal Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, dimeriahkan berbagai kegiatan perlombaan senam simpati, pertandingan bola voli, pertandingan sepak bola, Tabliq Akbar dan hiburan Organ serta pagelaran wayang golek.

Kegiatan Milangkala Desa Cipeundeuy Ke-212 yang berpusat diarea parkir pasar tradisional Desa Cipeundeuy tersebut dihadiri oleh Muspika Jatinunggal, Pemerintahan Desa se Kecamatan Jatinunggal, unsur BPD, LPM dan masyarakat Desa Cipeundeuy.

Kepala Desa Cipeundeuy Sobar, mengatakan berbagi kegiatan digelar ini dalam memeriahkan Milangkala Desa Cipeundeuy yang Ke-212, sekaligus memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1444 H / 2022 M.

“Kita selenggarakan berbagai kegiatan merupakan gelaran tradisi rutin digelar di Desa Cipeundeuy setiap tahun dibulan Oktober 2022 setelah masa panen disawah / kebun. Milangkala Desa wujud syukuran masyarakat atas karunia Allah SWT serta mengingat jasa-jasa para Kepala Desa terdahulu yang sudah berjuang menciptakan Desa Cipeundeuy maju,” ucap Sobar, pada hari Senin 17 Oktober 2022.

Menurutnya, kegiatan ini merupakan yang pertama kalinya dilaksanakan selama menjabat Kepala Desa Cipeundeuy dengan tujuan untuk merekatkan hubungan antara perangkat desa dengan warga masyarakat Desa Cipeundeuy.

“Kegiatan ini sebagai komitmen untuk mempercepat persatuan dan kesatuan warga dengan berkumpul dan berkegiatan bersama dengan semboyan motto Nyoreang Mangsa Katukang, Ngahiji Diri Mangsa Kiwari, Nyawang Mangsa Nu Bakal Datang Pikeun Ngawujudkeun Desa Cipeundeuy Nu MARTABAT,” pungkasnya.

Ketua Pelaksana Ading Ajudin, SP mengucapkan terima kasih kepada warga masyarakat Desa Cipeundeuy yang telah berpartisipasi memberikan donasinya hingga pelaksanaan berjalan sesuai rencana, dari masyarakat untuk masyarakat buat masyarakat.

Ading Ajudin, SP menambahkan, acara kegiatan diisi dengan gebyar perlombaan senam simpati yang diikuti oleh seluruh masyarakat Desa Cipeundeuy, Istighosah / Siraman rohani diisi oleh KH. Muhammad Syarifudin AR-RUSDY Pimpinan Ponpes Assiroojul Munawwar, Sekilas Sejarah Singkat Desa Cipeundeuy diisi oleh Ustad Darjo, Hiburan Dangdut / Organ Karang Taruna diakhiri puncak acara diisi Pagelaran Wayang Golek Mekar arum2 giriharja Kidalang Ofick Sunandar Sunarya dari Bandung.

“Masyarakat Sunda sendiri sangat merindukan kesenian dan tradisi Sunda Buhun untuk dibangkitkan kembali, dan dipertontonkan kepada masyarakat. Kegiatan Milangkala Desa Cipeundeuy ini menjadi Media untuk mengguar kembali dan melestarikan Tradisi Sunda Buhun,” katanya.

Tim – Red

Share artikel ini

Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares