Parsaoran Siahaan Tinjau Usulan Masyarakat Pembangunan Jembatan Penghubung Dua Dusun

Parsaoran Siahaan Tinjau Usulan Masyarakat Pembangunan Jembatan Penghubung Dua Dusun

TAPUT, Poskotanews.co.id – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tapanuli Utara di dampingi Kepala Desa Lobusiregar II bersama masyarakat setempat, meninjau Dusun Sigambogambo menuju Dusun Parsuratan wilayah Desa Lobusiregar II, Kecamatan Siborongborong, pada hari Senin (17/10/2022).

Wakil ketua komisi A DPRD kabupaten Tapanuli Utara, Parsaoran Siahaan,ST melakukan peninjauan usulan masyarakat dalam acara kunjungan kerja masa reses tahap III tahun 2022. Detemukan Jalan dan Jembatan Penghubung dua Dusun terkesan luput dari sentuhan pembangunan. Pada hal akses jalan tersebut, sangat strategis menghubungkan kedua dusun di wilayah Desa Lobusiregar II Kecamatan Siborongborong.

Kunjungan tersebut dalam rangka tindak lanjut usulan masyarakat, dalam hal butuh pembangunan pengerasan jalan dan Jembatan guna untuk penghubung dua Dusun antara Dusun Sigambogambo menuju Dusun Parsuratan wilayah Desa Lobusiregar II Kecamatan Siborongborong. Selain penghubung dua Dusun, akses transportasi menuju Kecamatan menjadi lancar dan dekat. Bila dibangun jalan dan Jembatan, jarak dari Dusun Sigambogambo menuju Kecamatan Siborongborong menjadi, hanya butuh waktu Sepuluh Menit, setara dengan tiga kilo meter (km). Sementara akibat tidak ada Jembatan penghubung, butuh waktu setengah jam atau setara dengan 9 km ,” ujar Parsaoran Siahaan.

“Mereka menyampaikan keluhannya terkait memperlancar transportasi butuh pembangunan infrastruktur Jalan sepanjang 600 meter dan Jembatan sepanjang 6 meter, yang bermanfaat sebagai penghubung dua Dusun di wilayah Desa Lobusiregar II. Hal tersebut, tentunya akan dikoordinasikan ke pihak Dinas PUPR yang membidanginya,” ucap Parsaoran Siahaan.

Kepala Desa Lobusiregar II, Janri Silitonga yang turut melakukan peninjauan ke lokasi menjelaskan, pihaknya dalam waktu dekat akan melakukan gotongroyong massal dengan warga sekitar Dusun Sigambogambo dan Dusun Parsuratan.

“Diakui, dalam acara Musrenbang Desa tahun 2022, pihaknya telah melakukan usulan pembangunan Jalan dan Jembatan,”ucap Janri Silitonga.

“Pembangunan Jalan dan jembatan sebagai penghubung antara Dusun Sigambogambo dan Parsuratan butuh partisipasi masyarakat dalam hal gotongroyong. Selanjutnya pihak PUPR Kabupaten Tapanuli Utara, dapat merealisasikan pelaksanaan pembangunan,” harapannya.

Janri menambahkan, “hanya yang menjadi kendala yakni keterbatasan anggaran dari Dana Desa (DD). Membangun Jalan dan Jembatan butuh angaran tidak sedikit dan juga kajian teknis dari pihak yang membidangi,” imbuhnya.

“Jangan sampai setelah dibuat jembatan, tiba-tiba ambruk, itu akan menjadi hal tersebut tentunya menjadi bahan pertimbangan tingkat Desa. Harus berhati-hati membuat kajiannya, kontruksi dan sebagainya,” tuturnya.

Untuk itu, melalui DPRD Kabupaten Tapanuli Utara, kami berharap, akan berusaha nantinya dan mengakomodir usulan ini dari anggaran APBD Kabupaten Tapanuli Utara, guna tercip kemanfaatan yang hakiki bagai masyarakat,” jelasnya berharap.

Juliber Silitonga

Share artikel ini

Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares