Hingga Oktober 2024, Pemkot Tangsel Telah Menindaklanjuti 997 Aduan Masyarakat Lewat SP4N-LAPOR

Kamis, 28 November 2024

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

TANGERANG, Poskotanews.co.id – Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) terus memperkuat sarana pengaduan masyarakat melalui Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) – Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online (LAPOR). Hal ini menjadi upaya dalam meningkatkan transparansi pelayanan publik di wilayah Tangsel.

Pranata Humas Ahli Muda dari Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Tangsel, Firman mengungkapkan, bahwa jumlah tren pengaduan masyarakat melalui SP4N-LAPOR mengalami fluktuasi pada tahun 2024.

Baca Juga :  SMSI dan PT Naganaya Tandatangani Kerja Sama Konferensi 4.0 di JIEXPO

“Laporan yang masuk sejak Januari hingga Oktober sebanyak 997 aduan masyarakat, dan 100 persen sudah ditindaklanjuti,” ujarnya saat diwawancarai pada Kamis (28/11/2024).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Menurut Firman, Kecamatan Pamulang menjadi wilayah dengan jumlah pengaduan tertinggi.

Baca Juga :  Oknum Manajer Bank Banten Ditahan Kejari Tangerang Terkait Penggelapan Uang Kredit

“Aduan yang masuk dari wilayah tersebut mencapai 65, lalu disusul oleh Kecamatan Ciputat dan Serpong,” jelasnya.

Dinas Sosial menjadi instansi yang sering kali menerima laporan dengan total 643 aduan. Firman menjelaskan bahwa laporan tersebut telah 100 persen ditindaklanjuti dan direspons selama satu hari.

“Proses tindaklanjut tersebut diverifikasi paling lambat tiga hari,” katanya.

Firman menyebut durasi penyelesaian laporan bergantung pada kadar pengawasannya. Laporan tidak berkadar pengawasan selama 14 hari kerja, sedangkan untuk laporan berkadar pengawasan selama 60 hari kerja.

Baca Juga :  Berkat SuperApps Tangerang LIVE, Pemkot Raih Indonesia’s SDG's Action Awards 

Lebih lanjut, kategori laporan tertinggi pada SP4N-LAPOR di Tangsel didominasi oleh masalah pencemaran lingkungan sebanyak 68 aduan. Lalu diikuti dengan ketertiban umum dan pelindungan masyarakat yang berjumlah 56.

(Kominfo)

Berita Terkait

Puskesmas Pamulang Raih Prestasi di Jambore Puskesmas Nasional
Sinergi Sosial, Pelindo Dukung Rutan Bangil Melalui Program TJSL
Pemdes Pangarengan Salurkan Bantuan Pangan Beras Kepada 1466 KPM
Dukung Program Ketahanan Pangan, DPUTR Purwakarta Pastikan Peningkatan Jaringan Irigasi
Pemkot Tangsel Borong Penghargaan dari Ombudsman RI; Tertinggi Soal Kepatuhan Pelayanan Publik
Siap-siap, Tangsel Sejiwa Hadir Kembali, Ada Kotak Hingga Yura Yunita
Pemkot Tangsel Wujudkan Sinergi Bersama Untuk Ruang Kreasi Penyandang Disabilitas
Tangsel Orchid Festival 2024, Benyamin: Anggrek, Simbol Identitas dan Keunggulan Kota Tangsel
Berita ini 4 kali dibaca

Berita Terkait

Minggu, 8 Desember 2024 - 20:36 WIB

Sinergi Sosial, Pelindo Dukung Rutan Bangil Melalui Program TJSL

Jumat, 6 Desember 2024 - 20:53 WIB

Pemdes Pangarengan Salurkan Bantuan Pangan Beras Kepada 1466 KPM

Jumat, 6 Desember 2024 - 09:49 WIB

Dukung Program Ketahanan Pangan, DPUTR Purwakarta Pastikan Peningkatan Jaringan Irigasi

Kamis, 5 Desember 2024 - 13:16 WIB

Pemkot Tangsel Borong Penghargaan dari Ombudsman RI; Tertinggi Soal Kepatuhan Pelayanan Publik

Kamis, 5 Desember 2024 - 12:57 WIB

Siap-siap, Tangsel Sejiwa Hadir Kembali, Ada Kotak Hingga Yura Yunita

Kamis, 5 Desember 2024 - 11:44 WIB

Pemkot Tangsel Wujudkan Sinergi Bersama Untuk Ruang Kreasi Penyandang Disabilitas

Kamis, 5 Desember 2024 - 11:37 WIB

Tangsel Orchid Festival 2024, Benyamin: Anggrek, Simbol Identitas dan Keunggulan Kota Tangsel

Kamis, 5 Desember 2024 - 08:26 WIB

Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan Jadi Upaya Pemkot Tangsel Tekan Angka Stunting

Berita Terbaru